Berkhasiat Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Pemandian Air Soda Salah Satu Obyek Wisata Paling Terkenal Di Tarutung Sumatera Utara

Administrator
223 view
Menurut Rittar sesuai dengan penuturan orang tuanya, air soda ini dipercaya mengandung khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selain bisa digunakan untuk mandi, air soda dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit kulit seperti gatal-gatal, jika airnya diminum bisa jadi obat rematik, pengapuran, dan asam urat. Minar Sihite juga berpesan apapun bisa diambil dari tempat ini, tetapi tidak boleh berbicara kotor, tidak boleh telanjang meskipun anak kecil, dan tidak boleh membuat penginapan. Di sini harus hormat," jelasnya Banyak sekali wisatawan yang berkunjung menikmati pemandian air soda ini, alasan utamanya karena biaya yang dikeluarkan cukup murah sehingga dapat dijangkau masyarakat menengah kebawah hingga menengah keatas. Pengunjung dapat menikmati wisata pemandian air soda ini tanpa harus membayar tiket masuk, hanya saja pengunjung akan dikenakan biaya saat menyewa ban dan menggunakan kamar mandi untuk membersihkan diri setelah berenang. Banyak pengunjung yang terkagum dengan karya Tuhan yang satu ini. “Harapan saya air soda ini dikelola lebih baik lagi dengan menambahi fasilitas seperti wifi atau ruang-ruang pribadi, kamar mandi yang lebih layak, memperluas tempat tempat duduk, dan kalau bisa tempatnya lebih dipercantik lagi biar pengunjungnya nambah terus” kata Berthi, yang merupakan salah satu pengunjung pemandian air soda.

Tarutung (Mahardikanews)

Salah satu obyek wisata Tarutung yang paling terkenal adalah wisata pemandian air soda. Air soda merupakan salah satu destinasi wisata dunia, selain berada di Venezuela, salah satunya berada di Tarutung, Sumatera Utara, tepatnya di Desa Parbubu. Air soda ini pertama kali ditemukan oleh Minar Sihite saat berjalan-jalan di sebuah hutan. Disini kita akan disuguhkan pemandangan alam hijau yang menyegarkan mata, serta udara khas Tarutung yang dingin dan segar. Pemandian ini dapat ditempuh kurang lebih 7 jam dari Medan dan 15 menit dari pusat kota Tarutung. Untuk mengakses pemandian air soda ini dapat menggunakan transportasi roda 2 dan roda 4.

Sebagai sebuah obyek wisata, pemandian air soda atau yang sering disebut masyarakat sekitar sebagai “aek rara” ini, menjadi menarik karena soda yang selalu muncul dari dalam kolam.

Rittar Tobing salah satu keluarga yang mengelola pemandian air soda ini bercerita saat orang tuanya (Minar Sihite) pertama kali menemukan air soda ini, “dia merasakan air nya persis seperti air soda”.