Satgas TMMD ke-109 Kodim 0210/TU Berikan Penyuluhan Tentang Wawasan Kebangsaan Dan Bela Negara

Administrator
267 view
Satgas TMMD
Penyuluhan : Para peserta sedang mengikuti penyuluhan tentang wawasan kebangsaan dan bela negara, oleh Satgas TMMD ke-109, Selasa (06/10) di Gereja HKBP Gaman Desa Sihastoruan. (Dok Kodim 0210-TU)<

Humbahas (Mahardikanews) Satuan Tugas TMMD KE 109 Kodim 0210/TU melaksanakan kegiatan penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara dalam rangka memperkuat jiwa nasionalisme masyarakat Desa Sihastoruan, Kecamatan Tarabintang Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas).

Acara yang pesertanya adalah para remaja dan pemuda Desa Sihastoruan yang juga dihadiri para tokoh Pemuda, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dengan narasumber Pasiterdim Kapten Inf P Sitompul digelar pada Selasa (06/10) di Gereja HKBP Gaman Desa Sihastoruan Kabupaten Humbahas.

Di awal penyampaiannya, pasiter menyinggung tentang negara dan hubungannya dengan warganya. Antara negara dan warganya merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan, diikat dalam tata aturan perundang-undangan.

"Dalam diri warga negara tertanam hak dan kewajiban terhadap negara, yang harus dijalankan secara seimbang. Masih segar dalam ingatan kita, pernyataan bijak, "Jangan tanyakan apa yang telah diberikan negara kepadamu, tetapi tanyakan apa yang telah engkau berikan kepada negaramu. Hal ini mengandung maksud, dahulukan

Selanjutnya pasiter membahas tentang wawasan kebangsaan yang berisi hal ihwal tentang negara, meliputi wilayah nusantara, dasar negara, lambang negara, bendera negara, UUD 1945 dan isu-isu terkini yang mesti diwaspadai dalam berbangsa dan bernegara.

Di akhir penyampaiannya Sitompul menyampaikan kata kunci, "Harus dipahami bahwa bela negara jangan dimaknai sebagai perang oleh tentara, warga negara melaksanakan tugas dengan baik sesuai profesi dan keahliannya dan juga misalnya Ikut gotong royong, termasuk bela negara" terangnya.

Tokoh pemuda yang juga sebagai Ketua Karang Taruna Desa Sihastoruan Jordan Hasugian, yang merupakan peserta pada penyuluhan tersebut mengungkapkan "Kami selaku pemuda sangat berterima kasih dan memberi apresiasi yang tinggi atas penyelenggaraan penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara bagi masyarakat Desa Sihastoruan ini. Kami berharap, agar penyuluhan ini mampu merubah mindset tentang bela negara, yang selama ini hanya dipahami tugas militer semata. Ternyata itu keliru. Bahwa kita berbuat, bekerja dengan benar sesuai profesi kita, sudah termasuk bela negara," pungkasnya. (MHP-01)

Penulis
: Administrator
Editor
: Maruba Habeahan
Sumber
: Release
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers tidak menjadi tanggungjawab Media Online mahardikanews.com Hubungi kami: redaksi@mahardikanews.com