TUHAN MENGETAHUI ISI HATIMU (Mark. 7 : 17-23)

Oleh Pdt Benard Manik MTh (Praeses HKBP Distrik 8 DKI Jakarta)
Administrator
89 view
TUHAN MENGETAHUI ISI HATIMU (Mark. 7 : 17-23)
Dok. HKBP Distrik 8 DKI Jakarta
Praeses HKBP Distrik 8 DKI Jakarta

Salam sejahtera bapak ibu saudara yang dikasihi Tuhan. Semoga keluarga kita senantiasa dalam keadaan sehat dalam lindungan Tuhan. Mari menikmati persekutuan dengan firman Tuhan dari Mark. 7 : 17-23 TUHAN MENGETAHUI ISI HATIMU.

1. Adalah baik memperhatikan penampilan luar jika didasari oleh usaha menjaga keindahan dan kebersihan. Namun janganlah tampilan luar kita jadikan menjadi ukuran iman dan kesalehan seseorang

2. Iman dan kesalehan lahir dari hati yang paling dalam, yang tidak berpura-pura. Allah sesungguhnya mengetahui apa yang ada dalam hati kita bagaimanapun cara kita menyembunyikannya. Kita tidak dapat menutupi isi hati kita di hadapan Allah dengan tampilan luar kita

3. Seseorang tidak menjadi najis dengan makanan yang masuk ke dalam mulut, sebab makanan itu mengalir ke dalam tubuh dan pada akhirnya dibuang. Tetapi kita menjadi najis oleh fikiran, hasrat dan perbuatan yg lahir dari hati yang najis dan buruk.

Jagalah hati, supaya fikiran, hasrat dan perbuatan kita tidak menjadi najis.

DALAM BAHASA DAERAH BATAK TOBA

Horas amang, inang. Sehat2 ma hita sude da. Beta itajangkon hata ni Tuhanta sian Mark. 7 : 17-23, DIBOTO DEBATA DO NA DI ROHAM.

1. Denggan do mangaradoti ruhut-ruhut parduru molo borhat sian usaho laho manjaga haulion dohot haiason. Alai unang ma gabe ruhut parduru i suhatsuhat manontuhon hadaulaton lumobi haporseaon.

2. ianggo hadaulaton dohot haporseon marharoroan do i sian roha parbagasan, na so marsipaula. Ai diboto Debata do aha na adong di bagasan rohanta agia songon dia pe malonta manghuphupi. Ndang tarbahen hita maronding-onding di ruhut parduru na marsipaula.

3. Ndang gabe ramun hita binahen ni sipanganon na masuk tu pamangan, ai na mabaor do i tu siubeon, mamolus, laos ambolong. Alai na gabe ramun do hita binahen ni pikiran, sangkap dohot ulaon na tubu sian roha na ramun dhot na roa.

Ala ni i tajaga ma rohanta, asa unang ramun pikiranta, sangkapta nang ulaonta

Penulis
: Pdt Bernard Manik MTh
Editor
: Maruba P Habeahan
Sumber
: Release