BERHIKMAT DALAM YESUS (Markus 8 : 31-38)

Oleh Pdt Benard Manik MTh (Praeses HKBP Distrik 8 DKI Jakarta)
Administrator
97 view
 BERHIKMAT DALAM YESUS (Markus 8 : 31-38)
Dok. HKBP Distrik 8 DKI Jakarta
Praeses HKBP Distrik 8 DKI Jakarta

Salam sejahtera bapak ibu yang terkasih dalam nama Tuhan. Mari membuka hati untuk sapaan firman Tuhan dariMarkus 8:31-38 BERHIKMAT DALAM YESUS.

1. Hikmat mengenal Yesus adalah mengenalNya dari seluruh hidup dan karyaNya. KelahiranNya, kematianNya, kebangkitanNya dan kenaikanNya ke sorga. Tetapi bukan itu saja, kita juga mengenalNya dari penderitaanNya, kuasaNya dan segala karya yang dikerjakanNya untuk menyatakan kuasa Allah menyelamatkan kita. Seperti itu pulalah kita memikirkan apa yang dipikirkan Allah, bukan yang, dipikirkan manusia. Pengenalan yang berbeda dengan itu adalah berasal dari iblis, iblis menanamkan ke dalam pikiran manusia, sehingga manusia itu mengenal Yesus menurut fikirannya sendiri, sehingga sulit baginya menerima kalau Yesus harus menderita.

2. Orang yang memiliki pengenalan seperti itulah yang layak menjadi murid Yesus, yang tidak hanya mau menikmati manis dan enaknya menjadi pengikut Yesus, atau terus menerus menanti hal hal manis yang dilakukan Yesus. Namun kita harus bersedia mengalami derita seperti derita Yesus, memikul salib, hingga mengorbankan diri karena Kristus, bersedia kehilangan hal hal penting dari diri kita karena Kristus, dan tidak hanya memikirkan keuntungan diri, namun kehilangan nyawa.

3. Di samping itu, kita harus berani dan tanpa malu menyaksikan Kristus walaupun Dia adalah Kristus yang menderita, namun menang atas kuasa iblis. Kesaksian itu akan mewujud dalam kata, karya, karakter seperti Kristus dalam hidup keseharian kita. Itulah orang yang berhikmat dalam Yesus.

DALAM BAHASA DAERAH BATAK TOBA

Horas ma di amang dohot inang ro di sude pangisi ni bagasta. Taungkap ma rohanta diantoi hata ni Tuhanta sian Markus 8 : 31-38 MARHABISUHON DI BAGASAN JESUS.

1. Habisuhon mananda Jesus i ma mananda Ibana sian sude ngolu dohot ulaonNa. HatutubuNa, hamamateNa, haheheonNa dohot hananaekNa tu banua ginjang. Alai ndada holan i, dohot do nang sitaononNa, huasoNa dohot ragam ulaon pinamasaNa papatarhon huaso ni Debata manghamonanghon hita. Jala laos i do na mamparrohahon na di Debata, sangkap haluaon di angka hinophopNa. Panandaon na asing sian i, marharoroan sian sibolis do i, na sinuanhonna tu pikiran ni jolma, gabe hombar tu rohana sandiri manda Jesus umbahen maol tarjalosa molo ingkon marsitaonon Jesus.

2. Angka nampuna panandaon na songoni do tau gabe siseanNa, na so holan paidaida hinatonggi dohot hinatabo ni mangihuthon Jesus. Alai ingkon rade do manaon songon na tinaon ni Jesus, manuhuk silang, sahat tu na sumeahon diri ala ni Kristus. Agoan angka na pinarhamaol ni roha ala ni Kristus, jala ndang holan mangalului pangomoan portibi on hape mago ianggo hosana.

3. Angkup ni i, ingkon barani huhut so maila manghatidanghon goarNa Kristus Tuhan nang pe Tuhan na marsitaonon jala na manaon ragam ni hasusaan di portibi on, alai monang manaluhon sibolis. Tarida ma panghatindanghonon i marhite hata, ulaon, bangko, karakter na denggan di bagasan ngolu si ganup ari. I ma na marbisuk dibagasan Yesus

Penulis
: Pdt Bernard Manik MTh
Editor
: Maruba P Habeahan
Sumber
: Release