KPU resmi tetapkan 3 pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Rohul

Administrator
618 view
KPU ROKAN HULU
Penetapan pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hulu oleh KPU pada pemilihan kepala daerah atau pilkada serentak tahun 2020 di daerah Kabupaten Rohul.

Pasir Pengaraian 

(mahardikanews) 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) resmi menetapkan 3 pasangan calon atau paslon Bupati dan Wakil Bupati Rohul 2021-2024.

Ketua KPU Rohul Elfendri, mengatakan penetapan ketiga peserta paslon berdasarkan keputusan rapat sah yang menetapkan para calon telah memenuhi syarat maju pada pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020 di Kabupaten Rohul.

“Ketiga bakal calon Bupati dan Wabup yang mendaftar sebelumnya sudah memenuhi syarat untuk maju. Setelah dilakukan verifikasi syarat pencalonan dan syarat calon serta perbaikan dokumen, maka para balon dinyatakan sah mengikuti pilkada”, kata Elfendri, dalam rapat pleno penetapan paslon Rabu (23/9/2020), di aula kantor KPU Rohul, Pasir Pengaraian.

Para paslon tersebut yaitu Hafith Syukri - Erizal yang diusung PKB dan PAN, Sukiman - Indra Gunawan diusung partai Gerindra, PDIP, Demokrat, PKS, NasDem, dan Hanura, serta Hamulian Nasution - M Sahril Topan yang diusung oleh Partai  Golkar dan PPP.

Ketua KPU mengungkap dari 3 paslon yang ditetapkan, paslon Hamulian - M Sahril Topan masih perlu memenuhi persyaratan pencalonan, sebab (Sahril Topan) masih menyangkut status wakil rakyat fraksi PAN.

Terdapat beberapa dokumen yang diperlukan dan harus segera diajukan ke KPU, yakni surat pengunduran diri, tanda terima surat pengunduran diri, dan surat keterangan pengunduran diri yang harus diproses paling lambat (H+5) setelah penetapan paslon.

Kemudian untuk surat pemberhentian diri calon paling lambat sudah diserahkan ke KPU paling lambat (H-30) sebelum pemungutan suara. Bila sampai H-30 pemungutan suara paslon Hamulian - Topan belum menyerahkan syaratnya, maka yang bersangkutan bisa ditetapkan tidak memenuhi syarat atau TMS.

Hal itu terangnya berdasarkan Peraturan KPU RI nomor 394/PL.02.2-Kpt/06/KPU/VIII/2020 tentang Pedoman teknis pendaftaran, penelitian dan perbaikan dokumen persyaratan, penetapan, serta pengundian nomor urut paslon.
(red-mnc)

Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers tidak menjadi tanggungjawab Media Online mahardikanews.com Hubungi kami: redaksi@mahardikanews.com