Ngopi dan Ngapel bareng masyarakat Air Panas Pendalian IV Koto

Administrator
285 view
KPU ROKAN HULU
Sosialisasi Ngopi dan Ngapel oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rohul, di Desa Air Panas Kecamatan Pendalian IV Koto.

Pendalian IV Koto (MAHARDIKA)- Komisi Pemilihan Umum daerahKabupaten Rokan Hulu (Rohul) mensosialisasikan Ngobrol Pemilihan (Ngopi) dan Ngaji Pemilihan (Ngapel) kepada masyarakat.

Hadirsebagai narasumber Ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir, Komisioner KPU Rohul bidang SDM dan partisipasi pemilih Cepi Abdul Husein dan Komisioner KPU bidang data pemilih Asri Siregar.

“Situasi Pilkada di masa pandemi COVID-19 ini tidak membuat kita berdiam diri, kita harus menggunakan ruang yang ada untuk sosilasisi se-kreatif mungkin. Program Ngopi dan Ngapel bareng yang digagas KPU Rohul ini adalah contoh strategi yang kreatif di tengah keterbatasan ruang bersosialisasi”, kata Ilham, Jumat (6/11/2020), di gedung serbaguna Desa Air Panas Kecamatan Pendalian IV Koto.

Ngopi dan Ngapel yang digelar terangnya untuk persiapan Pilkada serentak di Rohul 9 Desember mendatang dengan sasaran desa-desa pelosok. Hal itu guna menjaga agar partisipasi pemilih tetap tinggi dan menarik animo masyarakat berpartisipasi aktif meskipun diselenggarakan di masa pandemi virus corona.

Kegiatan tersebut juga difokuskan terhadap daerah-daerah dengan tingkat partisipasi pemilih rendah, jauh dari ibukota, serta daerah yang terbatas akses telekomunikasi dan jaringan internet.

Ilham mengaku KPU Riau juga menyadari Pilkada saat pandemi ini merupakan tantangan bagi penyelenggara untuk menjaga partisipasi pemilih tetap tinggi. Oleh sebab itu, KPU mengundang pemdes, tokoh-tokoh masyarakat, tokoh pemuda, PPK dan PPS setempat, dengan menjadikan mereka penyambung lidah.

“Dengan sisa waktu yang ada, KPU Riau dan jajaran KPU di daerah dipastikan akan secara masif mensosialisasikannya se-kreatif mungkin seperti memanfaatkan konten media sosial, sehingga animo masyarakat menyalurkan hak pilihnya tetap tinggi. Kalau pun turun ya tidak terlalu signifikanlah, paling tidak 77 persen target partisipasi pemilih. Tidak jauh-jauh banget”, ujar Mantan Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Pekanbaru itu.

Sementara Cepi Abdul Husein, mengajak masyarakat agar datang ke TPS 9 Desember mendatang untuk mencoblos pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Rohul sesuai hati nurani dan tidak terpengaruh money politic (politik uang) dengan mengedepankan 3M Menjaga jarak, Menggunakan masker, Mencuci tangan/Menghindari kerumunan.

(Roni Pasaribu)

Penulis
: Administrator
Editor
: Hendra Ambarita
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers tidak menjadi tanggungjawab Media Online mahardikanews.com Hubungi kami: redaksi@mahardikanews.com