Rahudman Dibebaskan Hakim, Jangan Senang Dulu!

Administrator
1.755 view
Rahudman Dibebaskan Hakim, Jangan Senang Dulu!
m.tubasmedia.com
Ilustrasi vonis bebas

MEDAN(MAHARDIKAnews): Majelis Hakim telah menyatakan Rahudman Harahap bebas murni, alias tak terbukti melakukan korupsi, Kamis 15 Agustus 2013. Namun jangan senang dulu, sebab jaksa masih memiliki kesempatan untuk banding atau kasasi dan putusan bisa berubah.

Ini mengingatkan kita dengan kasus yang membelit mantan Wali Kota Siantar Marim Purba, yang dituduh korupsi pembangunan kios darurat Pasar Horas. Pada pengadilan tingkat pertama, di PN Pematangsiantar, Marim Purba dinyatakan bebas murni. Nasibnya sama seperti Rahudman sekarang, juga terpaksa nonaktif dan wakilnya yang naik menjadi Plt Walikota.

Mendagri yang sempat menonaktifkan Marim Purba, akhirnya diaktifkan kembali menjadi Walikota Siantar menyusul putusan bebas murni pada pengadilan negeri Siantar waktu itu. Apa hendak dikata, jaksa penuntut umum yang tak puas banding, dan ternyata menang di tingkat kasasi. Mahkamah Agung menganulir putusan hakim di pengadilan tingkat pertama, dan menghukum Marim Purba.

Saat itu, Marim dinonaktifkan keduakalinya oleh Mendagri, dan setelah putusan mA keluar, selanjutnya menjalani masa hukuman. Apaakah hal yang sama bisa terjadi dengan Rahudman? Tergantung beberapa hal, pertama, apakah jaksa banding? Mari kita awasi jaksa pada masa berpikir yang disediakan hakim. Sebelumnya jaksa menuntut 4 tahun, tapi hakim membebaskan, maka sesuai ketentuan, jaksa harus banding!

Kedua, apakah hakim di tingkat kasasi menemukan fakta yang memberatkan Rahudman. Jika ditemukan, maka putusan pengadilan di Medan akan dianulir. Atau malah menguatkan putusan bebas murninya.(bantors@gmail.com)

Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers tidak menjadi tanggungjawab Media Online mahardikanews.com Hubungi kami: redaksi@mahardikanews.com