TNI siap bersinergi bantu Pemda atasi pandemi COVID-19 dan sukseskan Pilkada

Administrator
438 view
Pejabat Forkopimda Rohul ikuti upacara peringatan HUT TNI ke 75 lewat vicon live streaming yang tersambung ke Istana Negara, di Pasir Pengaraian.

Pasir Pengaraian (MAHARDIKA)- Tentara Nasional Indonesia di daerah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) memperingati hari ulang tahun ke 75 melalui daring lewat vicon yang tersambung ke Istana Negara.

Komandan Distrik Militer 0313/KPR Letkol Inf Leo Octavianus M Sinaga, melalui Plt Pabung Kapten Inf Yuhardi, mengatakan peringatan HUT TNI tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena pandemi corona virus yang melanda.

Meski dalam situasi pandemi, TNI diakuinya akan selalu siap bersinergi membantu pemerintah daerah khususnya dalam mengatasi situasi dan kondisi virus corona, sekaligus mensukseskan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak di Kabupaten Rohul Desember mendatang.

“Berhubung dengan ulang tahun TNI yang bertajuk 'Sinergi untuk Negeri' dan sesuai dengan UU TNI pasal 7 terdapat tugas pokok TNI yakni melakukan operasi militer selain perang, sehingga sinergi dengan Pemda-Polri kiranya dapat memutus mata rantai COVID-19 serta mensukseskan Pilkada di negeri suluk”, kata Kapten Inf Yuhardi, Senin (5/10/2020) pagi, di Pasir Pengaraian.

Pihaknya mengingat sinergi yang sudah dibangun dan dilaksanakan selama ini seperti membantu pemda terhadap khusus satuan kewilayahan dalam percepatan pembangunan daerah melalui kegiatan bhakti TNI di bidang kesehatan, TMMD, dan pembangunan fisik lainnya yang dikoordinasikan dengan pemda.

Kemudian disaat pandemi sekarang ini, TNI juga telah membantu daerah di bidang pendidikan dengan melibatkan instansi-instansi teknis yang ada di Rohul seperti Satpol PP, BKD, Bappeda, Badan-badan pelayanan kesehatan rumah sakit daerah, dan instansi teknis lainnya.

“Kami memang bukan ahlinya, tetapi kita mendorong instansi teknis bagaimana kira-kira hal yang bersama dalam rangka mencapai tujuan bersama”, ujar Kapten Inf Yuhardi, yang turut dihadiri Pjs Bupati Rohul Masrul Kasmy, pejabat Forkopimda, para Danramil, dan sejumlah perwakilan Babinsa.

Pihaknya juga menghimbau masyarakat dimasa pandemi ini tidak panik, namun tetap waspada dan terus disiplin menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 dengan anjuran 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak).

Upacara peringatan HUT TNI ke 75 melalui virtual live streaming hari ini dipimpin Presiden RI Joko Widodo sebagai inspektur upacara. Seluruhnya mengikuti upacara menggunakan video conference secara serentak yang diikuti oleh seluruh jajaran TNI dan jajaran pemerintah daerah provinsi kabupaten/kota se Indonesia.

(Roni Pasaribu)

Penulis
: Administrator
Editor
: Hendra Ambarita
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers tidak menjadi tanggungjawab Media Online mahardikanews.com Hubungi kami: redaksi@mahardikanews.com