SDGs Desa akan berdampak signifikan pada pencapaian pembangunan

Administrator
104 view
Sosialisasi dan bimbingan teknis pendataan Sustainable Development Goals (SDGs) dari Kemendes PDTT, di Desa Pasir Luhur, Kecamatan Kunto Darussalam.

Kunto Darussalam (MAHARDIKA) Pemerintah Desa Pasir Luhur mengadakan bimbingan teknis peningkatan kapasitas kelompok kerja relawan pendataan sekaligus mensosialisasikan Sustainable Development Goals (SDGs) Desa.

Kepala Desa Pasir Luhur Soleman, mengatakan program pembangunan berkelanjutan nasional atau SDGs tahun ini berasal dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT). Salah satu tujuannya untuk memfokuskan anggaran tahun 2021 dalam percepatan pencapaian SDGs desa.

Bimtek tersebut terangnya untuk peningkatan kapasitas kelompok kerja (pokja) relawan pendataan desa dalam melaksanakan tugas pendataan indeks desa membangun atau IDM dan SDGs desa, begitu juga dengan sosialisasinya untuk data IDM dan SDGs.

“Tentu nanti ini sangat penting bagi desa, karena data ini milik desa, maka desa juga maksimal dalam melaksanakan pendataan berbasis SDGs kedepannya”, kata Soleman, Selasa (16/3/2021), di Pasir Luhur, Kecamatan Kunto Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu, yang turut dihadiri Babinsa, Bhabinkamtibmas, tokoh-tokoh, dan masyarakat desa setempat.

Dalam kesempatan itu, Pemdes Pasir Luhur membuat tim pendataan dan menerbitkan surat keputusan pokja pendataan pembangunan berkelanjutan nasional. Bimtek dan sosialisasi SDGs dinilai hampir serupa seperti sensus, namun dari Kemendes melalui desa.

Azmi Iswandi selaku narasumber juga pendamping dari Kemendes PDTT, mengutarakan tentang standar operasional prosedur atau SOP implementasi tujuan-tujuan SDGs Desa akan berdampak signifikan pada pencapaian pembangunan bidang desa, perdesaan, daerah tertinggal, dan transmigrasi.

SDGs desa sebutnya memiliki 18 tujuan, yakni untuk mewujudkan desa tanpa kemiskinan, desa tanpa kelaparan, desa sehat dan sejahtera, pendidikan desa berkualitas, keterlibatan perempuan desa, desa layak air bersih dan sanitasi, desa berenergi bersih dan terbarukan, pertumbuhan ekonomi desa merata, serta infrastruktur dan inovasi desa sesuai kebutuhan.

Kemudian, desa tanpa kesenjangan, kawasan permukiman desa aman dan nyaman, konsumsi dan produksi desa sadar lingkungan, desa tanggap perubahan iklim, desa peduli lingkungan laut, peduli lingkungan darat, desa damai berkeadilan, kemitraan untuk pembangunan desa, serta kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif.

“Kita berharap prioritas penggunaan Dana Desa kedepannya dapat mendorong pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan nasional (SDGs) di desa itu sendiri, terutama di Desa Pasir Luhur ini”, pungkas Azmi.

(red-mnc)

Penulis
: Administrator
Editor
: Hendra Ambarita
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers tidak menjadi tanggungjawab Media Online mahardikanews.com Hubungi kami: redaksi@mahardikanews.com