Pentingnya penerapan 3M untuk memutus mata rantai COVID-19

Administrator
396 view
Kalapas Pasir Pengaraian M Lukman, saat membagikan masker berikut vitamin kepada seorang pengendara sepeda motor yang melintas di sekitar Lapas Pasir Pengaraian/ HUMAS LP.

Rokan Hulu (MAHARDIKA)- Pemerintah daerah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) terus berupaya memutus mata rantai corona virus disease (COVID-19) di masa pandemi yang kini masih belum berakhir.

Upaya yang dilakukan Pemkab Rohul dengan menghimbau dan mensosialisasikan protokol kesehatan (prokes) penerapan 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak/menjauhi kerumunan) kepada masyarakat agar tidak terpapar virus corona.

Seperti dalam rangkaian kegiatan peringatan hari jadi kabupaten ke XXI (dua puluh satu), Pemerintah daerah menggelarnya secara sederhana agar tidak terpapar oleh virus.

Pejabat sementara (Pjs) Bupati Rohul Masrul Kasmy, Selasa (12/10/2020), mengatakan perayaan HUT Kabupaten tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena tidak mengundang elemen-elemen masyarakat, membuat pameran, atraksi-atraksi kesenian daerah, serta berbagai hiburan lainnya.

Peringatan hari jadi daerah tahun 2020 ini harus diselenggarakan secara sederhana lewat penerapan prokes akibat masa pandemi corona virus, dengan tema bertajuk "Menuju Rokan Hulu Aman, Masyarakat Sejahtera".

Kegiatan diawali donor darah di gedung PMI daerah Rohul. Selanjutnya, Pjs Bupati bersama rombongan membagikan 5.000 masker dan hand sanitizer kepada masyarakat yang melintas di jalan raya Diponegoro, Pasar Senin, serta kawasan Pasar Modern Kampung Padang.

Disamping itu berbagai proyek pembangunan infrastruktur di Rohul harus dikerjakan ditengah pandemi, seperti bangunan gedung kantor Camat Ujung Batu Rp2 miliar yang mulai dikerjakan kontraktor pelaksana Tuah Tambusai. Para pekerja terlihat harus tetap mematuhi prokes penerapan 3M ditengah panasnya terik matahari, dan realisasi dana aspirasi anggota DPRD untuk jalan dan drainase di Desa Muara Jaya Kepenuhan Hulu.

Masa pandemi tahun ini, Kejaksaan Negeri Rohul turut memusnahkan barang bukti perkara tindak pidana umum yang berkekuatan hukum tetap (inkrah). Kepala Kejari Ivan Damanik mengklaim pemusnahan berlangsung aman dan kondusif dengan mempedomani protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Pada beberapa minggu terakhir, sejumlah mahasiswa dan buruh mengadakan aksi unjuk rasa menolak Omnibus Law yang berakhir kericuhan dan anarkis. Sekretaris Daerah Rohul Abdul Haris menanggapi hal tersebut mendeklarasikan Tolak aksi unjuk rasa anarkis dan Anti pelanggaran prokes terhadap masyarakat dan ratusan mahasiswa yang menuntut UU Cipta Kerja.

Untuk kegiatan-kegiatan rapat organisasi dan instansi pemerintah meliputi Persatuan Batak Bersatu (PBB) dan berbagai kegiatan KPU dalam pemilihan petugas adhoc panitia pengawas kecamatan se Rohul untuk Pilkada serentak, terlihat menerapkan protokol kesehatan.

Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 daerah Kabupaten Rohul Yusmar, Selasa (20/10) mendata grafik perkembangan penularan corona di Rohul menunjukkan tren yang menggembirakan. Karena kasus baru terkonfirmasi tanpa ada penambahan kasus baru alias 0 (nol).

Total pasien terkonfirmasi 243 orang dan pasien sembuh bertambah 10 orang, sehingga total pasien sembuh 140 orang. Data tersebut terangnya berdasarkan data laporan dari surveilens Dinkes dan Tim Ahli Dirut RSUD Rohul yang tervalidasi. Meski begitu, pihaknya menghimbau masyarakat untuk tidak panik, namun tetap waspada dan terus disiplin dalam menerapkan prokes pencegahan COVID-19.

Begitu juga di peringatan HUT ke 75 TNI tingkat Kabupaten Rohul, para pejabat Forkopimda mengkuti upacara lewat vicon live streaming yang tersambung ke Istana Negara, di Pasir Pengaraian. Komandan Distrik Militer 0313/KPR Letkol Inf Leo Octavianus M Sinaga, melalui Plt Pabung Kapten Inf Yuhardi, mengatakan peringatan HUT TNI tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena pandemi corona virus yang melanda.

Strategi Gubernur Riau menekan penularan COVID-19 didukung Pemkab Rohul. Pemda mendukung 3 (tiga) strategi Gubri menekan penularan corona virus disease di negeri seribu suluk pada rakor vicon dengan Gubernur, Bupati, dan Walikota se Riau, dalam menekan penularan virus.

Dari 3 strategi Gubri dalam menekan angka COVID-19 di Provinsi Riau, diantaranya dengan memenuhi target penanganan dalam rangka penurunan atas bertambahnya Kasus Harian dan Mingguan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rohul dr Bambang Triono, juga mengklaim orang tanpa gejala (OTG) yang pernah melakukan kontak erat dengan pasien positif COVID-19 tidak perlu melakukan swab test sesuai prosedur tata laksana tes swab COVID-19 dalam Pedoman pencegahan dan pengendalian virus corona revisi ke 5.

Pada revisi ke 5, tindakan pengambilan spesimen RT-PCR (swab) dilakukan terhadap kategori suspek. Dia hanya diharuskan melaksanakan isolasi mandiri selama 14 hari.

Menghadapi Pilkada serentak di Rohul, KPU mulai menyiapkan skenario pencoblosan Pilkada. Ketua KPU Rohul Elfendri, mengatakan persiapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati. Setiap pemilih yang datang ke TPS terangnya akan dibekali sarung tangan plastik sebelum melakukan pencoblosan.

Bagi pemilih yang lupa membawa masker, pihaknya menyiapkan masker untuk dikenakan pemilih saat mencoblos. Pemilih yang datang ke TPS nantinya juga terlebih dahulu diwajibkan mencuci tangan memakai sabun pada tempat cuci tangan yang sudah disiapkan di semua TPS. Setelah itu pemilih kemudian menjalani pemeriksaan suhu tubuh yang dilakukan petugas berpakaian hazmart.

Bagi warga yang suhu tubuhnya normal akan diarahkan mengisi absensi dan menunggu di ruang tunggu TPS untuk kemudian menyalurkan hak pilihnya di 2 (dua) bilik suara yang dipersiapkan. Sementara pemilih yang bersuhu tubuh diatas 37,3 derajat akan diarahkan ke pintu khusus.

Lalu bagi pemilih yang bersuhu tubuh melebihi 37,3 derajat akan langsung diberikan sarung tangan plastik dan diarahkan ke bilik khusus untuk langsung menyalurkan hak suaranya.

Diakhir bulan Oktober ini, Kalapas Pasir Pengaraian M Lukman membagikan Masker dan Multivitamin guna mencegah penyebaran COVID-19. Vitamin dan masker gratis dibagikan Kalapas ke masyarakat pengendara yang melintas di sekitar Lapas Pasir Pengaraian.

Kegiatan bhakti sosial itu menurutnya sudah menjadi anjuran pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di lingkungan Lapas kelas II B Pasir Pengaraian.

(Roni Pasaribu)

Penulis
: Administrator
Editor
: Hendra Ambarita
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers tidak menjadi tanggungjawab Media Online mahardikanews.com Hubungi kami: redaksi@mahardikanews.com