KUD Dayo Mukti Terima Penghargaan KUD Plasma Terbaik Tahun 2020 dari PTPN V

Capai 27, 02 ton (117,47 %) dari yang Direkomemdasikan 23 ton/Ha/tahun
Administrator
119 view
Staf KUD Dayo Mukti
Serahkan Piagam : CEO PTPN V Jatmiko K Santosa (kanan) didampingi EVP Plasma dan GM Plasma, saat menyerahkan Piagam Pengbargaan Sebagai KUD Plasma Terbaik tahun 2020 kepada Ketua KUD Dayo Mukti Roenef Ridho Yahdi, Sabtu (13/3/2021) di Venue Tennis PTPN V Jl Rambutan Pekanbaru (Foto Dok. KUD Dayo Mukti - Mahardikanews)

Tandun (Mahardikanews)

KUD Dayo Mukti terima penghargaan sebagai KUD Plasma Terbaik tahun 2020 dari PTPN V yang diserahkan langsung oleh CEO PTPN V Jatmiko K. Santosa dan diterima Ketua KUD Dayo Mukti Roenef Ridho Yahdi, Sabtu tgl 13 Maret 2021 di Venue Tennis PTPN V Jl Rambutan Pekanbaru.

KUD Dayo Mukti memperoleh kinerja terbaik tahun 2020 dari seluruh KUD Plasma binaan PTPN V se Provinsi Riau, yang berhasil mencapai produksi 27,02 ton/hektar/tahun (117,47 %) dari yang direkomendasikan Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Medan untuk sawit usia 7 (tujuh) tahun yakni 23 ton/hektar/tahun.

Ditambahkannya, jumlah KUD Plasma binaan PTPN V se Provinsi Riau ada sekira 17 dan KUD Plasma Kebun Sei Tapung Distrik Barat PTPN V ada 5 KUD yang diantaranya adalah KUD Dayo Mukti.

Demikian disampaikan Ketua KUD Dayo Mukti, Roenef kepada Mahardikanews melaui telepon selularnya, Senin (15/3/2021).

Lebih jauh disebutkannya, untuk tahun 2021 KUD Dayo Mukti meng-estimasi 30 ton/hektar/tahun. Untuk mencapai sasaran tersebut sejak awal tahun sudah menjalin kerjasama dengan pupuk Kaltim (Kalimantan Timur) dengan meng-aplikasi pupuk Hayati (Ecofert) dan pupuk NPK pelangi. Selain itu juga sudah meng-edukasi sistem penggunaan elektronik yakni foto udara sehingga akan diketahui kebutuhan nutrisi sawit pokok per pokok. Dan ini semua adalah bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

Ditanya tentang kiat-kiat dalam mencapai kinerja pencapaian produksi yang luar biasa tersebut, Roenef menyebutkan yakni dengan komitmen menjalankan Standar Operasional Prosedur (SOP) PTPN V dengan baik dan benar serta tidak pernah keluar dari yang sudah direkomendasikan.

Dengan mengikuti SOP dan rekomendasi PTPN V, selain pencapaian produksi yang menggembirakan tersebut, juga akan secara otomatis menghasilkan rendemen yaitu berat minyak sawit atau Cruide Palm Oil (CPO) sesuai standar. Hal ini berkaitan dengan harga sawit yang terbaik yang betul-betul untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

SIAP MENJADI TEMPAT STUDI BANDING

Bagi KUD atau masyarakat petani sawit yang mau studi banding tentang mendapatkan produksi sawit yang luar biasa tersebut, maka KUD Dayo Mukti akan siap menerima untuk tempat studi banding yang merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan menambah wawasan dan pengetahuan yang akan diterapkan kedepannya untuk menjadi lebih baik dalam rangka pencapaian produksi sawit yang luar biasa tersebut, pungkas Roenef.(Maruba PH)

Penulis
: Maruba PH