Advertorial Pemkab Rokan Hulu

Bupati Rohul terima penghargaan API 2019 dari Kemenparekraf RI

Administrator
946 view
MAHARDIKANEWS TIM
Bupati Rokan Hulu (Rohul) bersama rombongan foto bersama, usai menerima penghargaan API 2019 dari Kemenpar, di Gedung Pesona Kemenpar, Jakarta, Kamis (22/11/2019) malam.

Rokan Hulu 

(mahardikanews) 

Bupati Rokan Hulu (Rohul) menerima penghargaan Anugerah Pesona Indonesia (API) Award dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.


Penghargaan API 2019 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI melalui Badan Ekonomi Kreatif Nasional, diberikan langsung oleh Staf Ahli Menteri Pariwisata Bidang Multikultural Guntur Sakti kepada Bupati Rohul Sukiman atas objek wisata di daerahnya yakni Suligi Hill yang berlokasi di Desa Aliantan Kecamatan Kabun meraih Juara I dalam kategori wisata terbaik dataran tinggi.


Kehadiran orang nomor satu Rohul itu di pagelaran acara penerimaan penghargaan di Gedung Pesona Kementerian Pariwisata Jakarta Kamis (22/11/2019) malam, turut didampingi Wakil Gubernur Riau Edi Natar Nasution, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Rohul Syofwan, Kabid Pemasaran Disparbud Epi, Ketua Genpi Tanti Ekasari dan Bendahara Indah Tarigan, serta para Kepala Dinas Pariwisata kabupaten/kota se-Riau.


Bupati Rohul Sukiman usai menerima penghargaan menilai Anugerah Pesona Indonesia atau API merupakan ajang bergengsi tingkat nasional, sebab wisata yang dilombakan sebagai suatu persaingan sehat daerah dan masyarakat dalam upaya meningkatkan sektor pariwisata, sekaligus pengakuan serta promosi wisata daerah di tingkat nasional.


Bupati mengaku bangga karena Kabupaten Rohul berhasil untuk pertama kalinya meraih penghargaan tersebut dengan mengusulkan destinasi wisata Suligi Hill 812 meter diatas permuakaan laut (MDPL) dalam kategori objek wisata dataran tinggi.


Mantan Dandim Indragiri Hilir (Inhil) itu menilai penghargaan ke daerahnya sangat membanggakan, karena dari 514 kabupaten/kota di Indonesia yang masuk nominasi, 180 kabupaten dan kota termasuk Rohul berhasil memperoleh penghargaan dari 18 kategori wisata terbaik.


“Keberhasilan ini tentunya membanggakan kita semua, mengingat hanya Kabupaten Rohul yang berhasil meraih Juara I dari 5 destinasi objek wisata dan 1 kuliner untuk daerah-daerah di Provinsi Riau. Selain Suligi Hill, 4 penghargaan API 2019 lainnya juga berhasil diperoleh oleh Provinsi Riau”, ujar Bupati Rohul Sukiman.


Sementara Staf Ahli Menteri Pariwisata Bidang Multikultural Guntur Sakti, mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi tinggi kepada pemerintah daerah yang telah berhasil meraih penghargaan. Pemerintah daerah di kabupaten/kota menurutnya sebagai pengelola destinasi wisata dan kuliner.


Guntur menyebutkan 5 destinasi wisata dan kuliner makanan tradisional terpopuler di Provinsi Riau meliputi Suligi Hill Aliantan dari Kabupaten Rohul sebagai Juara I objek wisata dataran tinggi terpopuler, Lari Tual Sagu Kabupaten Kepulauan Meranti Juara II kategori olah raga petualangan terpopuler.


Kemudian Sampan Leper dari Kabupaten Inhil meraih Juara III kategori festival budaya terpopuler, Tepian Bandar Sungai Jantan Kabupaten Siak Juara III kategori wisata baru terpopuler, Gulamo dari Kabupaten Kampar Juara III kategori surga tersembunyi terpopuler, dan Kue Talam Durian dari Kota Pekanbaru Juara II dari katerogi makanan tradisional terpopuler.


Untuk keberhasilan objek wisata yang diraih Suligi Hill Aliantan 812 MDPL oleh daerah Kabupaten Rohul terangnya bukan dicapai secara tiba-tiba atau mendadak, melainkan dengan proses yang serius oleh Kementerian melalui voting selama 4 bulan mulai bulan Juli sampai Oktober lalu. Voting yang dilakukan memanfaatkan teknologi informasi seperti SMS dan Video.


Pengembangan selanjutnya dan penjagaan destinasi wisata yang telah berhasil didapat dalam API Award 2019 menurutnya bukan hanya tugas dari pemerintah daerah, namun wajib melibatkan komunitas-komunitas pariwisata seperti Genpi, Kelompok Sadar Wisata atau Pokdarwis, masyarakat dan para Generasi Milenial.


Pihaknya berharap penghargaan yang diperoleh pemerintah daerah dapat memberikan nilai tambah ekonomi yang mampu mensejahterakan masyarakat, meningkatkan citra juga reputasi pariwisata di daerah, dan memberikan kontribusi besar terhadap pendapatan asli daerah atau PAD.


“Kita harap dengan prestasi ini bisa menjadi motivasi untuk daerah kedepannya, dan hendaknya harapan wisatawan jangan terlalu jauh berbeda antara persepsi dengan kenyataan”, imbuh Staf Ahli Menteri Pariwisata Bidang Multikultural Guntur Sakti.*(adv-kominfo)

Editor: AMBAR

©2019 MAHARDIKANEWS

all right reserved

Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers tidak menjadi tanggungjawab Media Online mahardikanews.com Hubungi kami: redaksi@mahardikanews.com