Modus tersangka buntuti korban, memepet, dan acungkan Senpi

Administrator
108 view
Para pelaku perampokan di jalan poros PT Eluan Mahkota (EMA) Muara Jaya Kepenuhan menggunakan senjata api atau senpi, kini diamankan di Mapolres Rokan Hulu (Rohul).

Kepenuhan Hulu (MAHARDIKA)- Tim Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Rokan Hulu (Rohul) berhasil menangkap sejumlah pelaku perampokan menggunakan senjata api atau senpi di jalan poros PT EMA.

Kapolres Rohul AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat melalui Paur Humas IPDA Refly Setiawan Harahap, mendata para tersangka yakni inisial SW (44 tahun) warga Desa Kumu Sejati Kecamatan Rambah Hilir berperan sebagai eksekutor, RN (42) warga Desa Kaiti 2 Kecamatan Rambah berperan sebagai penyedia senpi rakitan (pemilik).

Kemudian MN (38) warga Desa Pematang Tebih Kecamatan Ujung Batu berperan sebagai eksekutor, dan AS (42) warga Desa Kota Baru Kunto Darussalam berperan sebagai eksekutor.

Kronologis perampokan berawal pada Senin 1 Maret sekitar pukul 14.20 WIB lalu di jalan poros PT Eluan Mahkota (EMA) Desa Muara Jaya Kecamatan Kepenuhan Hulu terhadap korban bernama Beny.

Modus para tersangka membuntuti korban yang sebelumnya mengambil uang di Sp 3 jalur 7 Muara Jaya Kepenuhan Hulu. Saat korban hendak melaju menuju pabrik kelapa sawit PT EMA tepatnya di Jalan poros, sejumlah pria tak dikenal langsung memepet mobil kendaraan korban dan mengacungkan senpi. Lalu tersangka mengambil tas milik korban yang berisi uang tunai Rp80 juta.

Tidak lebih dari 24 jam sekitar pukul 23.00 WIB, Tim Sat Reskrim Polres Rohul yang dipimpin Kasat Reskrim AKP Rainly Labolaang melakukan penangkapan 2 orang laki-laki (SW dan RN) di bundaran ratik togak Pasir Pengaraian.

Saat diinterogasi, muncul 2 (dua) nama lainnya (MN dan AS) yang merupakan rekan dari para pelaku, dan berhasil diamankan di daerah Tranpol Ujung Batu dan daerah Desa Pematang Tebih Kecamatan Ujung Batu.

Hasil pemeriksaan penyidik diperoleh keterangan bahwa tersangka SW dan MN juga pernah melakukan perampokan memakai senpi di wilayah Kecamatan Tandun, sesuai laporan polisi di Kepolisian Sektor Tandun tanggal 13 Februari lalu dengan total kerugian korban Rp14 juta.

Dalam penangkapan tersebut, Kasat Reskrim juga berhasil menemukan senpi rakitan yang digunakan tersangka saat melakukan perampokan. Penyitaan senpi oleh tim dari SW yang sebelumnya disimpan tersangka di kandang ayam milik orang tuanya di daerah Boter, Rambah.

Barang bukti lainnya yang diamankan dari tersangka SW, yakni 1 pucuk senpi rakitan jenis revolver warna silver berikut 5 butir peluru 9 mm, uang tunai Rp2,6 juta, 1 helai jaket warna hitam, dan 1 unit sepeda motor scoopy warna putih.

Barang bukti dari tersangka RN, 1 unit handphone samsung lipat warna hitam dan 1 dompet warna coklat. Dari tersangka MN uang tunai Rp400 ribu dan 1 unit handphone samsung lipat warna hitam, dan barang bukti dari tersangka AS uang tunai Rp3,3 juta serta 1 unit honda vario warna putih.

“Dengan mengedepankan konsep Presisi, Kasat Reskrim dan anggotanya dengan cepat berhasil menangkap ke 4 pelaku perampokan menggunakan senjata api tersebut. Saat ini penyidik Sat Reskrim juga masih melakukan pengejaran terhadap 2 (dua) tersangka lain yang kini DPO yaitu inisial GI dan LM”, ujar IPDA Refly, Rabu (3/3/2021), lewat keterangan tertulisnya.

(red-mnc)

Penulis
: Administrator
Editor
: Hendra Ambarita
Sumber
: HUMAS POLRES ROHUL
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers tidak menjadi tanggungjawab Media Online mahardikanews.com Hubungi kami: redaksi@mahardikanews.com