Pemerintah Perlu Sosialisasi Perizinan Berusaha Bagi UMKM

Administrator
78 view
Pemerintah Perlu Sosialisasi Perizinan Berusaha Bagi UMKM
JPH
Ketua Bidang UMKM dan Ekonomi Keluarga (Ekkel) DPN Partai Gelora Indonesia Sri Wulandari (Foto MHP/JPH)

Jakarta (Mahardikanews.com)

Pemerintah perlu terus melakukan sosialisasi kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar memahami segala peraturan yang diimplementasikan, termasuk kemudahannya.

Perzinan berusaha bagi pelaku usaha UMKM di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) seperti diatur dalam Peraturan Pemerintah RI nomor 7 tahun 2021 tentang Kemudahan, Perlindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengan (PP 7 tahun 2021) sangat mahal, sehingga pelaku UMKM terutama usaha mikro harus menabung dulu untuk mengurus perijinannya, sementara jualannya harus jalan terus.

Ketua Bidang UMKM dan Ekonomi Keluarga (Ekkel) DPN Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Sri Wulandari mengatakan hal itu menanggapi curhatan warganet di media sosial yang terancam dipenjara hingga denda sebesar Rp 4 miliar karena tidak memiliki izin edar tentang Perizinan Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dari BPOM.

Menurut pengamatannya di lapangan, pelaku usaha Mikro masih bergelut dengan omset yang belum memadai karena banyak masalah internal sendiri sehingga sebelum diberlakukan secara resmi perlu sosialisasi agar tidak menimbulkan polemik di masyarakat dan merugikan pelaku UMKM.

Coach Wulan, sapaan akrabnya, mengemukakan, Partai Gelora akan memberikan pendampingan kepada pelaku UMKM, khususnya pelaku usaha mikro di lapangan agar bisa mendapatkan perizinan usahanya. Sudah disiapkan mentor-mentor UMKM melalui gerakan pendampingan. Gerakan ini diharapkan bisa membantu pelaku usaha Mikro.

Diakuinya, banyak peraturan yang dibuat Pusat terkait UMKM, terkadang sering tidak sinkron sehingga membuat bingung pelaku UMKM.

"Saya kira perlu juga Pemerintah Pusat bersama Pemerintah Daerah melakukan sosialiasi peraturan, termasuk kemudahan-kemudahannya” pungkas Wulan. (JPH)

Penulis
: JPH
Editor
: Maruba P Habeahan
Sumber
: Release