Bupati serahkan adminduk dan ratusan sertifikat TORA di 2 desa Tambusai Utara

Administrator
427 view

Tambusai Utara

(mahardikanews) 

Bupati Rokan Hulu (Rohul) menyerahkan dokumen administrasi kependudukan dan memberi ratusan sertifikat TORA ke 2 desa di Kecamatan Tambusai Utara.


“Dokumen adminduk sangat penting bagi masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu Pemkab akan terus berinovasi dan membuat terobosan dalam bidang pelayanan adminduk”, kata Bupati Rohul Sukiman, Rabu (16/9/2020), di Pasir Pengaraian, usai menyerahkan dokumen adminduk dari Desa Pagar Mayang dan Desa Payung Sekaki Tambusai Utara.


Terobosan program jemput bola yang digiatkan terangnya bertujuan untuk masyarakat yang tidak bisa langsung datang ke kantor Dinas Dukcapil dalam pengurusan e-KTP, KK, maupun akte lahir, karena warga pasti akan butuh transport dengan jarak yang cukup jauh dan mengeluarkan banyak biaya.


Kepala desa juga dihimbaunya agar rajin mencatat dan melaporkan warganya yang belum memiliki administrasi kependudukan (adminduk), sehingga semua masyarakat bisa memiliki hak-hak administrasinya.


Selain memberi adminduk, Bupati juga mengaku menyerahkan 533 sertifikat tanah program tanah objek reforma agraria atau TORA dari kantor agraria tata ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Rohul, sebanyak 106 persil untuk Desa Pagar Mayang dan 427 persil Desa Payung Sekaki Tambusai Utara.


Warga penerima sertifikat dipesankan untuk menjaga dan memelihara sertifikatnya, karena sertifikat merupakan legalitas kepemilikan yang sah secara hukum. Nilai sertifikat juga bisa dijadikan agunan dalam bentuk usaha produktif.


Surat keputusan calon petani peserta transmigrasi atau SK CPP yang ditandatangani untuk masyarakat diklaim sebagai bentuk komitmen Pemkab Rohul memperjuangkan kepentingan dan hak-hak masyarakat dalam memaksimalkan penggunaan sertifikat tanah.

(red-mhp)

Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers tidak menjadi tanggungjawab Media Online mahardikanews.com Hubungi kami: redaksi@mahardikanews.com