Wirausaha dapat pasarkan produknya lewat E-commerce

Administrator
265 view
MEDIA CENTER ROKAN HULU
Pjs Ketua TP PKK ikuti Webinar sinergitas Dekranas dan Kemendikbud RI pada Destinasi pariwisata super prioritas mandalika dalam PKW dan Wira Kriya Milenial, di Pasir Pengaraian.

Pasir Pengaraian (MAHARDIKA)- Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga bersama Dewan kerajinan nasional daerah (Dekranasda) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) mendorong pelaku usaha mikro kecil menengah atau UMKM memasarkan produk lewat digital.

Pjs Ketua TP PKK Rohul Reny Azmahrani, mengatakan para wirausaha dan kerajinan tangan di era revolusi industri 4.0 saat ini dapat mengembangkan usaha dan hasil produksinya melalui digitalisasi dengan memanfaatkan media sosial dan E-commerce (perdagangan elektronik).

“Kita dorong wirausaha memasarkannya secara online, tentu ini juga jadi kewajiban daerah kita sendiri memanfaatkan dan memasarkan produk-produk bagi pelaku UMKM seperti Batik Tenun”, kata Reny, usai mengikuti webinar sinergitas Dekranas dan Kemendikbud RI pada Destinasi pariwisata super prioritas mandalika dalam pendidikan dan kecakapan wirausaha (PKW) dan Wira Kriya Milenial, Rabu (11/11/2020), di Pasir Pengaraian.

Webinar PKW dan Wira Kriya Milenial tahun ini juga terangnya guna memberi pelatihan kepada murid SMK dan SLB dari Kemendikbud untuk memberikan pendidikan vokasi ke milenial dan wirausaha-wirausaha di daerah agar lebih mencintai produk lokal dengan mengaplikasikan perdagangan elektronik.

Melalui program PKW juga diklaim bisa melahirkan SDM pengrajin-pengrajin berkualitas yang menghasilkan produk Kriya Nasional bernuansa ciri khas Rohul. Dibalik itu potensi-potensi di negeri seribu suluk seperti pelestarian budaya otomatis terdukung ke luar daerah.

“Semoga di era digitalisasi ini pemasaran yang dilakukan oleh wirausaha secara online melalui E-commerce dapat dikenal di tempat-tempat lain. Secara offline juga akan kita buka di daerah. Nantinya bagi pejabat di lingkungan Pemkab wajib memakai Batik Tenun hasil dari pengrajin lokal kita”, pungkas Pjs Ketua TP PKK Rohul Reny Azmahrani, dan menghimbau para pelaku UMKM tetap menerapkan 3M (Menjaga jarak, Menggunakan masker, Mencuci tangan/Menghindari kerumunan).

(Roni Pasaribu)

Penulis
: Administrator
Editor
: Hendra Ambarita
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers tidak menjadi tanggungjawab Media Online mahardikanews.com Hubungi kami: redaksi@mahardikanews.com