Advertorial Pemkab Rokan Hulu

Wabup Rohul Minta Kemitraan Perusahaan Perkebunan Dengan Masyarakat Sekitarnya Harus Terjalin Baik

Administrator
43 view
Wabup Rohul Minta Kemitraan Perusahaan Perkebunan Dengan Masyarakat Sekitarnya Harus Terjalin Baik
Dok Diskominfo Rohul

Pasir Pengaraian (Mahardikanews.com) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) meminta hubungan kemitraan antara perusahaan perkebunan dengan kelompok tani (koptan) maupun masyarakat di sekitar perusahaan harus terjalin baik dan ditingkatkan.

Selain dapat memperlancar aktivitas dan usaha produksi perkebunan perusahaan, juga perlu dibangun hubungan komunikasi dan kerja sama yang saling menguntukan dalam upaya menciptakan kondusifitas di lingkungan perusahaan.

"Kita dari pemerintah daerah mendorong seluruh perusahaan perkebunan yang beroperasi di Rohul untuk membeli hasil produksi tandan buah segar (TBS) milik petani maupun masyarakat yang berada di sekitar perusahaan," ungkap Wakil Bupati (Wabup) Rohul H Indra Gunawan kepada wartawan, Selasa (18/10).

Wabup menyatakan hal itu disela-sela penutupan kegiatan Pelatihan Pengembangan Kapasitas Kelembagaan Petani yang ditaja Dinas Peternakan dan Perkebunan (Disnakbun) Rohul di Balai Desa Bangun Jaya, Kecamatan Tambusai Utara.

Dalam acara tersebut hadir Sekretaris Disnakbun Rohul Samsul Kamar SHut MSi, Kabag Administrasi Wilayah Setda Rohul Muhammad Franovandi SSTP, Camat Tambusai Utara H Mastur, Kades Bangun Jaya Yusrianto, perwakilan PT Mahato Inti Sawit dan Koptan Surya Tani di Kecamatan Tambusai Utara.

Wabup menyambut baik kegiatan pelatihan pengembangan kapasitas kelembagaan petani. Dengan harapan dapat menambah pengetahuan dan kapasitas pengurus dan anggota Koptan dalam usaha kebun kelapa sawit yang bermitra dengan perusahaan.

Dia memberikan apresiasi kepada PT MIS yang sejak berdiri hingga sekarang telah melakukan kerja sama dan bermitra dengan koptan maupun masyarakat di sekitar perusahaan.

Tentu ini dapat dijadikan sebagai motivasi bagi perusahaan perkebunan kelapa sawit yang ada di Rohul. "Saya mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada PT MIS yang telah bermitra dan membangun kerja sama yang baik dengan lima koptan yang ada di dua desa yakni Desa Mekar Jaya dan Bangun Jaya, Kecamatan Tambusai Utara," ujarnya.

Wabup mengatakan berdasarkan data dari Disnakbun Rohul, terdapat 2.532 jumlah koptan di Kabupaten Rohul, yang secara mayoritas koptan kebun sawit yang telah bermitra dengan perusahaan perkebunan yang ada di Rohul.

Sebab, luas kebun kelapa sawit milik masyarakat dengan kebun perusahaan baik BUMN maupun swasta, lebih banyak kebun masyarakat. Karena itu, perusahaan dapat bermitra dan jalin kerjasama yang baik dengan koptan kelapa sawit yang ada di Rohul.(adv)

Penulis
: Maruba P Habeahan
Editor
: Maruba P Habeahan
Sumber
: Release