Kapolres Pelalawan : Jika Karhutla Terjadi, Para kades dan Perangkatnya Akan Diperiksa

Administrator
135 view
Julianton Sinaga
Kapolres Pelalawan AKBP Indra Sujatmiko SIK

Pelalawan (Mahardikanews)

Kapolres Pelalawan AKBP Indra Sujatmiko SIK tidak main-main dengan kasus Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah hukum Pelalawan. Hal ini mengingat Pemda Pelalawan sudah menetapkan, status siaga Karhutla sampai dengan tanggal 31 Oktober 2021 mendatang.

"Saya sudah perintahkan semua Kapolsek, jika Karhutla terjadi maka para Kepala Desa (Kades) dan perangkatnya yakni RT RW serta yang lainnya akan dipanggil dan diperiksa," terang Kapolres, Rabu (24/2/2021).

Sebab Karhutla ini kata Kapolres adalah tanggung jawab dia, untuk menjaga wilayah mereka dari ancaman kebakaran. "Meskipun itu kebakaran bukan dibakar, jika dia itu dibakar nyata-nyata kejahatan. Langkah ini, agar para Kades memiliki tanggung jawab yang tinggi, minimal apabila terjadi Karhutla mereka ini turun ke lokasi," tegasnya.

Hanya saja sejauh ini tambahnya, partisipasi masyarakat cukup tinggi, terutama didaerah yang rawan Karhutla di Pelalawan seperti daerah pesisir.

"Untuk daerah rawan seperti daerah pesisir, partisipasi masyarakat cukup tinggi, ikut turun ke lokasi memadamkan api. Saya sampaikan ucapan terima kasih buat masyarakat disana," paparnya.

Sebagai data tambahan, sejauh ini sudah terjadi Karhutla di Pelalawan dengan total luasan 30 hektar di berbagai kecamatan. Kapolres menegaskan pihaknya belum ada melakukan proses hukum. "Untuk saat ini belum ada, namun saya sudah perintahkan Kapolsek untuk menindak tegas," tandas Indra (js)

Penulis
: Administrator