17.619 pelaku UMKM di Kabupaten Rokan Hulu terima bantuan

Administrator
178 view
Kantor Dinas Koperasi usaha kecil menengah Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Kop UKM Transnaker) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

PASIR PENGARAIAN (MAHARDIKA)- DinasKoperasi usaha kecil menengah Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Kop UKM Transnaker) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) mulai menyalurkan dana bantuan bagi ribuan pelaku usaha mikro kecil menengah atau UMKM.

“Bantuan pemerintah bagi pelaku usaha mikro yang terdampak COVID-19 di Rohul sudah terealisasi Rp42,2 miliar untuk pelaku usaha. Bantuan Presiden ini untuk menghidupkan UMKM. Penerima bantuan diperoleh dari datausulan Kades/Lurah melalui pendataan ke masyarakat”, kata Kepala Dinas Kop UKM Transnaker Rohul Zulhendri, Senin (16/11/2020), di Pasir Pengaraian.

Pelaku UMKM penerima bantuan langsung tunai yang mulai disalurkan terangnya merupakan usulan ke Kementerian Koperasi UKM RI dari tahap I sampai IV berjumlah 17.619 dengan kategori 3 bidang usaha yakni industri, jasa, perdagangan, dan belum termasuk pelaku usaha sektor pertanian dan perkebunan.

Setiap pelaku usaha mikro yang terdampak masing-masing mendapatkan Rp2,4 juta untuk tambahan modal bagi para pengusaha mikro. Bantuannya diperuntukkan untuk penyebaran proporsional terkait stimulus pemulihan ekonomi yang pembayarannya disalurkan lewat BNI dan BRI.

Zulhendri mendata untuk tahap V penerima bantuan berjumlah 14.080 masih menunggu verifikasi dari kementerian, dan jasa bersifat estimasi. Usulan tahap terakhir ke V di tahunini merupakan usulan data pelaku UMKM yang tidaklolos tahap I - IV berjumlah 7.473, termasukpelaku yang mendaftar langsung ke Dinas Kop UKM Transnaker.

“Estimasi yang dilakukan untuk jumlah pelaku UMKM di berbagai sektor mencapai angka 75 ribu. Mereka yang tak lolos kebanyakan karena NIK belumonline/aktif dan pengusulan ganda, karena itu kita harapkan lurah dan kades serta para pelaku UMKMmengaktifkan NIK-nya di Dinas Dukcapil. Ditahun 2021 datanya akan divalidkan lewat online data system (ODS), dan ini merupakan prioritas kita”, pungkas Zulhendri.

Pihaknya juga menghimbau masyarakat penerima bantuan UMKM tetap mempedomani protokol kesehatan dengan mengedepankan 3M (menjaga jarak, menggunakan masker, mencuci tangan/menghindari kerumunan).
(Roni Pasaribu)

Penulis
: Administrator
Editor
: Hendra Ambarita
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers tidak menjadi tanggungjawab Media Online mahardikanews.com Hubungi kami: redaksi@mahardikanews.com